Senin, 20 April 2020

,

5 Infografis Seputar Covid-19

Halo Readers,




Semoga saat kamu membaca tulisan ini, kamu dalam keadaan sehat sejahtera.
Meskipun saat ini negara kita dan hampir negara di seluruh dunia sedang dalam keadaan yang tidak baik - baik saja.

Kantor dan sekolah harus diliburkan. Tempat keramaian harus tutup. Bahkan beberapa daerah akan menerapkan kebijakan PSBB. Begitu hebatnya efek yang dirasakan dari sebuah virus bernama Corona.

Disisi lain, masih ada beberapa kalangan masyarakat yang belum aware dengan virus ini. Masih banyak yang kumpul - kumpul untuk hal yang tidak penting. Dan ada juga yang sebaliknya, panik luar biasa hingga menimbulkan panic buying. Sesutau yang sedang dianggap berhubungan dengan virus ini akan segera viral dan habis dipasaran. Padahal informasi yang diterima belum tentu valid adanya.

Mengapa ada ketimpangan respon di kalangan masyarakat? Tentu akan banyak sekali faktornya. salah satu diantaranya berasal dari informasi yang diterima.

Menurut aku, salah satu cara agar informasi mudah diterima dan dicerna adalah dengan menggunakan infografis. Infograsis sangat cocok sebagai media edukasi karena selain memuat informasi yang to the point juga memiliki kekuatan visual untuk menambah pemahaman pembaca.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut 5 infograsi seputar covid-19 untuk menambah pemahaman kita seputar Covid 19.

1. Apa itu Covid-19?

Jadi Covid 19 merupakan penyakit yang disebabkan oleh salah satu virus di keluarga besar Coronavirus. Virusnya bernama SARS-COV2.  Ciri utamanya adanya menyebabkan infeksi saluran pernafasan. Selain Covid 19 ada juga penyakit infeksi saluran pernafasan lainnya seperti MERS dan SARS.  

Infografis definisi Covid 19
sumber: kompas.com


2. Bagaimana gejala Covid -19?

Bagaimana sih gelaja yang terasa saat seseorang positif terkena Covid-19? Jawabannya bisa di simak di infografis dibawah ini. Jika kamu merasakan gelaja seperti di gambar, maka segera hubungi petugas kesehatan setempat.



3. Bagaimana perbedaan gejala Covid-19 dengan salesma dan flu?

Yang membingungkan adalah, Covid-19 ini memiliki gejala yang hampir sama dengan penyakit
salesma dan influensa. Tapi tentu saja ada perbedaannya. Jadi setiap penyakit yang terasa demam dan batuk itu belum tentu positif Covid-19.



4. Bagaimana cara mencegah penularan covid 19?

Hal yang penting dalam masa genting adalah jangan panik. Daripada panik lebih baik kita fokus pada cara pencegahan penyebaran virus ini. 

cara mencegah virus corona


5. Mitos dan fakta

Seiring dengan hebohnya penyakit ini, banyak juga berita - berita simpang siur yang beredar dikalangan masyarakat. Nah supaya tidak salah info, simak yuk infografis diatas.



Itulah 5 Infograsi seputar covid 19. Semoga bisa menambah pemahaman kita tentang covid 19 dan jangan sampai percaya pada beritayang salah.

Keep strong & stay healhty!



0 komentar:

Posting Komentar