Kamis, 02 April 2020

Ngobrolin Drakor : Itaewon Class


Halooo drakor mania…..((mantaaap))

Minggu ini aku mengisi waktu dengan menonton drakor ITAEWON CLASS. Kesan setelah nonton: cocok buat ditonton pada masa karantina karena corona seperti sekarang. Kenapa?





Drakor ini bertema drama tentang bisnis dan sedikit romansa. Dimana tokoh utamanya adalah seseorang yang dalam kondisi nothing berjuang menjadi something. Jalan ceritanya inspiratif. Untuk teman - teman yang saat ini sedang bergerak di bidang bisnis mungkin bisa relate dengan konflik dan dinamika dalam drakor ini. 



Warning !! Spoiler dimana-mana.


Details


Judul : Itaewon Class

Genre : Drama

Episode : 16 (enam belas)

Sutradara : Kim sung yoon

Penulis naskah : Jo Gwang Jin

Jadwal Tayang : 31 Januari 2020



Jalan Cerita


Kisah ini bermula dari masa SMA Sae Ro Yi. Anaknya ga banyak ngomong cenderung penyendiri. Tapi dia punya prinsip hidup yang dipegang dengan erat terutama soal rasa keadilan. Pada hari pertama Sae Ro Yi pindah sekolah baru, dia sudah terlibat masalah karena membela teman sekelas yang sedang dirundung. Sae Ro Yi kemudian meninju si pembuli yang ternyata merupakan anak dari Presdir Jangga. Tempat Ayah Sae Ro Yi bekerja sekaligus sebuah perusahaan besar yang kekuasaannya berada di atas kepala sekolah bahkan polisi setempat.


Dimulai dari hari itu, munculah masalah panjang sampai belasan tahun kemudian. Ayah Sae Ro Yi harus keluar dari tempat kerja kemudian mengalami tabrak lari hingga meninggal. Masalah lain Sae Ro Yi harus masuk penjara hingga membuat pupus cita- citanya menjadi polisi. Ditambah pula crush Sae Ro Yi ( Oh Soo-A)  malah menerima tawaran beasiswa dari Jangga. Duh sungguh sudah jatuh ketimpa tangga, nyusruk ke got terus kena tabrak bis tayo. sakit :(


Untungnya, Sae Ro Yi ini memiliki jiwa penjuang.  Pada saat di penjara, dia mengisi waktu dengan belajar dan menyusun tujuan sekaligus cara balas dendam kepada Jangga. Eits tapi balas dendam ga pake otot lagi melainkan main cantik yaitu membuat perusahaan untuk menghancurkan bisnis Jangga.

Selepas dari penjara perjalanan dimulai. Jatuh bangun jatuh lagi jatuh dan jatuh mulu sampai tak terasa tiba ke episode akhir.

Apakah akhirnya Park bisa menumbangkan Jangga? Atau mundur teratur karena merasa tak cocok bekerja di bidang bisnis? 

Kekuatan cinta yang mana yang akan menang? Crush belasan tahun dari masa SMA ataukah orang baru yang membantu mewujudkan mimpi?. 



Baca terus untuk bocorannya


Cast

Park Sae-Ro-Yi

Jo Yi Seo




Seorang influencer muda yang jatuh cinta sama Sae-Ro-Yi. Cewe populer, pinter, udah punya karir yang menghasilkan uang dan popularitas. Diantara kesempurnaan itu ada juga sisi pahit hidupnya yaitu didikan ibunya yang obsesif impulsif. Tokoh ayahnya juga ga pernah diceritakan entah karena meninggal atau bercerai. Mungkin trauma masa kecil yang membuat dia menjadi seorang sosiopath alias tidak memperdulikan orang lain. Pantas aja dia tuh selalu to the point dan bodo amat sama perasaan orang. 


Oh Soo Ah


Oh Soo Ah merupakan anak yang tinggal di Panti Asuhan. Kerasnya kehidupan membuat dia berjuang untuk hidup dengan caranya sendiri. Termasuk dengan mengabdi di Jangga yang jelas - jelas  bosnya itu bengis bin julid. Untuk soal kisah kasih dengan Sae-Ro-Yi juga bikin gemes karena seperti sikapnya yang (awalnya) ngegantungin Sae Ro Yi tapi ga boleh di deketin sama orang lain juga. Karena apa? karena dia percaya diri bahwa Sae Ro Yi itu suka dan akan selalu begitu. 


Genk IC (Itaewon Class)




Choi Seung Kwon. Teman satu almamater di penjara dengan Sae-Ro-Yi. Mantan anggota gengster sebelum akhirnya insaf dan kerja bareng Sae-Ro-Yi. Karakternya suka marah-marah dan ngebodor garing. Tapi ga terlalu lucu sih, namanya juga mantan gangster. 

Ma Hyun Yi. Koki danbam yang ga punya latar belakang sekolah koki. Awalnya aku kira Hyun Yi adalah perempuan tomboy tapi ternyata peran dia pada awalnya adalah seorang laki - laki. Saya baru pertama kali nonton drakor yang ada karakter transgender. Mungkin karena IC memang mengangkat tema diversity. Peran transgender ini juga jadi bahan drama saat lomba ala masterchef antar pub. 

Jang Keun Soo. Anak kedua presdir Jang. Adik yang teraniaya. Hingga memutuskan untuk keluar dari cyrcle Jangga. Tapi pada akhirnya kembali lagi karena memutuskan ingin menjadi pewaris Jangga demi seorang Jo Yi Seo

Tony Kim. anggota IC yang paling terakhir bergabung. Orang Asing yang datang ke korea untuk mencari ayah kandungnya.  


Peran Antagonis

Jang Keun Won. Anak pertama dari Jang Dae Hee. sosok yang jahat sekaligus paling menderita. Karena dia korban dari ambisi ayahnya sendiri. 

Jang Dae Hee. Presdir Jangga yang merintis dari kedai kecil hingga jadi perusahaan besar. latar belakang  Presdir Jang dari keluarga miskin yang kesulitan untuk makan. seperti yang dikatakan Seo Yi. presdir Jang sebenarnya orang hebat. hanya di masa kejayaan terlalu ambisius hingga mengorbankan semua hal demi bisnis, 


What  I Like


  • Alur cerita yang to the point. Di drama ini engga ada adengan bikin greget yang sia – sia untuk memperpanjang durasi.
  • Kisah cinta yang rasional. Meski banyak pendapat yang bilang pasangan Jo Yi Seo dan Sae-Ro-Yi ini kurang chemistri  tapi aku suka dengan endingnya. Entahlah saat ini aku sedang ngerasa muak sama ending drama yang susah move on meski disakiti berkali - kali dan bumi gonjang ganjing tapi tetep balik lagi ke tokoh awal. Alias terlalu fairy tale.
  • Quotes - quotes cakep sepanjang episode. 


What I don’t like


  • Tokoh park yang terlalu ‘baik – baik saja' saat perusahaan dia mengalami gagal berkali kali. Saat dia kehilangan saham atau saat kecele dengan calon investor dia tetap setenang itu. Sambat dikit lah supaya lebih manusiawi.
  • Adegan kekerasan yang bikin ga nyaman. Terutama saat Jang masuk ke kandang ayam. Eneg.


Oh ya tulisan ini dipublikasi di blog abcdevia.com. Apabila kamu membaca di tempat lain. Maka kamu bukan membaca di tempat aslinya.

Life Lesson

Sebenarnya ada banyak life lesson dari drama ini. Saya tulis beberapa yang paling berkesan :

1.      Bagaimanapun keadaan kamu saat ini, selalu ada kesempatan untuk melanjutkan hidup ke arah yang lebih baik. Jangan menilai rendah dirimu sendiri.

2.      Fokus dengan big rocks atau tujuan hidup. Jangan terpengaruh sama kerikil yang muncul,  dalam perjalanan pasti ada rintangan tapi selalu ada jalan keluar.

3.      Usaha kerja / bisnis yang lurus – lurus aja. Gosah banyak gaya.  

4.      Jika kita mengusahakan yang terbaik makan in return kita akan mendapatkan yang terbaik juga.

5.      Belajar supaya pinter dan ga mesti di bangku sekolah formal saja. Selama di penjara, Sae Ro Yi menggunakan waktunya untuk membaca termasuk membaca buku biografi Presdir Jang. Meskipun benci setengah mati, tapi jika itu ilmu bermanfaat ambil pelajarannya.  


Memang hidup di dunia nyata ga bisa disamain dengan drama korea. Tapi mudah - mudahan setelah menonton film ini bisa membangkitkan lagi semangat untuk berjuang. Jika sekarang bisnis atau pekerjaan kamu sedang dalam masalah pelik, jangan menyerah dan coba bangkit lagi seperti Park seo Ri dan kawan - kawan. FIGHTING!



1 komentar:

  1. Hahaha terlalu fairy tale sama dengan terlalu bucin... Nonton ini berasa anak mudaaaa banget selama masa karantina, bawaannya ga terlalu stres yaa Mbak DevšŸ¤£

    BalasHapus