Rabu, 22 April 2020

Pengaruh Covid-19 Dalam Berbagai Aspek Kehidupan Masyarakat Indonesia

Halo Readers !

Sudah hampir 3 bulan semenjak masalah Pandemi Covid 19 pertama kali ini diberitakan ada di Indonesia. Kini dampaknya kian meluas dan terasa diberbagai lapisan masyarakat. Ya, ini adalah wabah yang tidak hanya terjadi di golongan atau wilayah tertentu. Melainkan pengaruhnya menghantam ke semua kalangan. 

Pengaruh covid 19 di berbagai aspek


Sudah banyak kebijakan yang dikeluarkan oleh pemerintah demi menyelesaikan permasalahan ini. Yang terbaru, tadi malam ada keputusan presiden mengenai larangan mudik bagi siapapun. Ini artinya lebaran kali ini menjadi lebaran pertama kali tanpa arus mudik yang telah menjadi ciri khas setiap menjelang akhir ramadhan.  

Tidak hanya soal mudik, wabah ini mengubah banyak hal di kalangan masyarakat. Baik yang terasa secara langsung maupun yang tidak terasa secara langsung. Berikut ini adalah beberapa pengaruh covid 19 dalam berbagai aspek kehidupan.  

Dampak Covid 19 dalam aspek ekonomi


Selain menyerang kesehatan manusia, covid 19 juga menyerang kesehatan ekonomi di seluruh dunia. Tak ayal lagi bagi Indonesia. Beberapa prediksi ekonomi meleset jauh seiring dengan pandemi yang datang secara tiba - tiba. 

Berikut ini beberapa pengaruh di bidang ekonomi :
  • Nilai tukar rupiah kembali melemah melawan dolar Amerika Serikat (AS). Rupiah sempat melemah hingga nilai tukar mencapai 16.600 pada tanggal 3 April 2020.
  • Menurunnya konsumsi rumah tangga yang diperkirakan 3,2 persen hingga 1,2 persen bahkanpada skenario terburuk akan mencapai minus 0,4 persen.  (https://www.voaindonesia.com/)
  • UMKM sangat terpukul karena ketiadaan kegiatan di luar rumah oleh seluruh masyarakat,
  • Karyawan, pedagang keliling, buruh pabrik dan banyak pekerja lainnya kehilangan mata pencahariannya, dan berakhir “terpaksa” pulang kampung atau mencari pekerjaan lain.


Dampak Covid 19 dalam aspek pendidikan

Sebagai antisipasi penyebaran virus di sekolah, pemerintah memberlakukan pembelajaran daring untuk sekolah semenjak pertengahan Maret 2020.
Selain itu wabah ini membuat pemerintah mengambil kebijakan lainnya, seperti :
  • Pembatalan ujian nasional 2020
  • Kuliah daring
  • Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) SBMPTN 2020 diundur


Dampak Covid 19 dalam aspek sosial

Dari pengalaman pribadi dan juga data yang dijabarkan oleh berbagai media, pengaruh akibat wabah Covid-19 dibidang sosial memberikan dampak yang besar baik secara positif maupun negatif. 
Beberapa rangkuman peristiwa sosial yang telah terjadi selama masa pandemi ini adalah :

  • Penolakan jenazah korban covid 19 di beberapa daerah di Indonesia
  • Penimbunan masker dan hand sanitizer
  • Panic buying di sejumlah pusat perbelanjaan
  • Pembagian bantuan dari pemerintah yang menimbulkan polemik di masyarakat.
Selain hal yang memprihatinkan tersebut, ada juga berita baik yang terjadi seperti :
  • Penggalangan donasi baik berupa dana, apd, kotak nasi dll. 
  • Kerjasama warga setempat untuk memberi support kepada pasien Covid 19

Pengaruh bagi kehidupan sehari-hari


Nah, kalau pengaruh yang langsung saya rasakan sendiri pada masa pandemi adalah sebagai berikut :

1. WFH 
Alhamdulillah, saya dan suami tidak mengalami pemutusan hubungan kerja. Kami berdua menjalani kebiajkan work from home dari tempat kerja masing - masing. 

2. Anak belajar dirumah (SFH)
Alhamdulillah lagi, karena anak saya masih PAUD jadi tidak tugas yang membuat pusing orang tua seperti banyak curhat di media sosial. Untuk belajar di pagi hari belajar dari printable dan malam hari mengajar mengaji.

3. Liburnya anak, berkurang personal space. 
Masih berkaitan dengan 2, dengan anak tidak jadwal sekolah dan juga dilarang untuk bermain keluar rumah maka aktivitas kami selalu bersama - sama 24/7. Tentu saja sebenarnya bukan sebuah big deal, hanya tidak dipungkiri saya merindukan masa tenang untuk mengerjakan pekerjaan pribadi. 

4. Terhalang berkunjung ke sanak family. 
Ini paling terasa. Apalagi sudah fix ada larangan mudik dari Presiden. Meskipun kami merasa sehat - sehat saja tapi kita tahu akan menjadi carrier atau tidak bagi sanak family.

5. Agenda kegiatan diluar mengalami penundaan.
Acara meet up, belajar, bekerja yang memerlukan keluar rumah ditunda hingga waktu yang tidak ditentukan. Tentu karena kesehatan lebih utama

6. Banyak kegiatan baru yang dicoba
Dengan banyaknya waktu di dalam rumah, jadi bisa bereksplorasi dengan kegiatan - kegiatan baru yang sebelumnya tidak sempat karena kesibukan di luar rumah

Demikian beberapa pengaruh covid 19 di berbagai aspek. Tentu kita berharap bahwa hal ini akan segera berlalu dan kehidupan akan kembali normal bahkan lebih baik sebelum wabah ini menyerang.

Keep strong and stay healthty!

1 komentar:

  1. Kuliah online, kirim tugas online, main game online..selama 3 bulan ini... :D

    BalasHapus