Cara Kerja di Situs Freelance



Situs freelance adalah tempat bertemunya para pemilik kerja (project owner) dan pencari kerja (worker) online. Jasa yang diperlukan sangat beragam. Demikian juga feenya disesuaikan dengan jenis pekerjaannya. Dari recehan sampai jutaan. Lebih lengkapnya bisa cek langsung ke situsnya.

Beberapa rekomendasi situs freelance :

1. Projects.co.id⁣

2. Sribulancer⁣

3. Freelance indonesia⁣

4 Serba50ribu

Di artikel kali ini web yang akan saya bahas adalah projects.co.id. 

Di web ini kamu bisa memilih sebagai pihak yang mencari pekerja (project owner) atau pihak yang mencari pekerjaan (worker).

Ada pekerjaan apa aja?

ada puluhan jenis pekerjaan yang ditawarkan oleh para pemilik project. Kamu bisa search pekerjaan yang cocok dengan skill kamu. Misal data entry, menulis artikel, admin olshop dll.

Cara mulai

1. Register

2. Pilih pekerjaan yang cocok 

3. Ajukan bid atau penawaran ke project owner. Dalam penawaran ini baiknya disertai cv yang #cantik supaya dilirik oleh owner. Cantik disini dalam arti kamu menjelaskan komitmen kerja, penawaran harga yang rasional, dan pengalaman kerja serupa (jika ada).

4. Tunggu pengumuman via email apakah bid kamu terpilih atau tidak. 

5. Jika terpilih silahkan mengerjakan project sesuai S&K. 

6. Jika telah selesai, owner akan mereview hasil kerja kita. Jika pekerjaan selesai dengan baik maka owner akan memilih opsi closed dan fee akan dikirimkan ke rekening.


Tips :

1. Baca dengan teliti lowongan pekerjaan yg ditawarkan termasuk berapa lama waktu yg diperlukan, imbalan yg diperlukan dll. Jangan sampai setelah bid diterima kamu merasa pekerjaan tidak worth it dengan imbalan.

2. Legowo jika diminta revisi. Karena sistemnya seperti marketplace, project owner bisa meminta revisi atau bahkan menolak hari kerja worker. Sehingga imbalan tdk diberikan oleh sistem. 


Owner Project (OP)⁣

Owner project adalah sebutan bagi kita apabila ingin melakukan open recruitment atau mencari jasa di situs projects.co.id. Siapa saja bisa menjadi OP dan tidak dipungut bayaran ke situsnya alias tidak ada biaya admin. Tapi tentu saja harus menyediakan fee atau gaji untuk worker.⁣


Ada jasa apa aja? 

Teman teman bisa mencari jasa yang sesuai kebutuhan. Misal bagi yg punya web dan butuh banyak artikel, bisa mencari jasa menulis artikel dll. Bahkan ada juga jasa mengerjakan PR matematika 😅. Saya sendiri menggunakan situs ini untuk mencari jasa data entry & upload foto olshop. Alhamdulillah selalu amanah. ⁣

Cara mulai :⁣

1. Register/log in⁣

2. Pilih option buat project⁣

3. Isi deskripsi pekerjaan selengkap mungkin.⁣

5. Owner Project melakukan seleksi bid worker. Kalau sudah ketemu yg pas silahkan pilih workernya.⁣

6. Tunggu worker menyelesaikan job dengan waktu yang ditentukan.⁣

7. Apabila pekerjaan sesuai dengan akad atau kesepakatan awal maka owner worker memilih opsi closed yg artinya pekerjaan di terima.⁣

Range harga jasa ( Gaji)

Besarnya gaji worker fleksibel sesuai kemampuan kita. Untuk referensi bisa melihat ke pekerjaan yang sejenis. Atau bisa juga memilih opsi 'open to suggestion' yang artinya worker yang memberikan penawaran harga.⁣

Demikian, semoga bermanfaat ya gaes..⁣


Share:

0 komentar