Review Buku : For Matrimonial Purposes (Cinta Kan Datang) - Kavita Daswani


 


Identitas Buku

Judul                         :Chicklit: For Matrimonial Purposes - Cinta Kan Datang
Penulis                      : Kavita Daswani
No. ISBN                   
: 9786020319599
Penerbit                        Gramedia Pustaka Utama
Tanggal terbit               :Agustus - 2015
Jumlah Halaman          248


Blurb : Nenekku menikah dua hari sebelum ulang tahunnya yang kesepuluh. Ibuku mendapatkan suami ketika dia berumur dua puluh. Karena itu, kupikir jika setiap generasi naik satu dekade untuk memasuki usia yang pantas untuk menikah, aku akan menjadi istri pada umur tiga puluh. Anju tumbuh besar dalam tradisi India yang kolot. Sejak Anju belasan tahun, tanpa lelah orangtuanya mencarikan jodoh yang tepat, namun dia tak tahan karena cowok-cowok itu pakai kemeja hitam era disko atau malah ingin memboyongnya ke pedalaman Ghana. Aduh, nggak deh. Ada sih cowok yang dia suka, tapi sepertinya dia bertepuk sebelah tangan. Anju memutuskan pergi ke New York, hidup mandiri, bersekolah, dan membina karierpokoknya dia ingin menjadi manusia yang lebih berarti, yang bukan senantiasa dilihat sebagai kegagalan. Dan bila Tuhan berkenan, cinta pun akan datang.

Karakter Utama dan Konflik:

Anju, Merupakan potret gadis India dari kelas atas. Sebagai anak pemilik toko perhiasan yang memiliki banyak cabang, kehidupan Anju sudah terjamin dan tampak mudah. Tapi masalahnya, Anju belum mendapat jodoh hingga usia melebihi 30 tahun, padahal ia sudah bersiap untuk mengenakan sari pernikahan sejak usia belasan tahun. Hampir setengah dari usianya ia sudah menunggu pemuda India untuk meminangnya.

Selama masa penantian itu Anju mengalami berbagai pergumulan baik dengan dirinya sendiri, keluarga (sudah pasti) dan lingkungan di Bombay maupun di 'Umrica'. Lelaki yang dijodohkan dengannya selalu dirasa tidak cocok di hati, dan saat Anju merasa cocok ada hal lain yang menjadi penghalang.

Anju sebenarnya memiliki sikap yang sedikit 'memberontak'. terbukti dengan kegigihannya untuk keluar dari zona nyamannya di Bombay. Namun toh Anju masih bimbang ketika dihadapi dengan persimpangan antara tradisi dan 'kebebasan'.

Bagaimana akhir dari pencarian Anju, apakah akhirnya dia akan menemukan belahan jiwa yang dinantinya? 

Review

Ini HindiLit pertama yang saya baca. Saya membayangkan tengah menonton film india yang cukup seru. Minus lagu dan tarian India. Latar belakang cerita sebagian besar berada di Bombay membuat novel ini juga mengandung banyak wawasan baru. Seperti kosakata dalam bahasa India, tradisi dan juga kebudayaan India.

Saya memilih buku ini dari tumpukan buku di Gramedia karena blurbnya yang menggelitik. Kisah seorang wanita yang sudah melewati usia 30thnan dan belum menikah. Tampak sebuah kisah yang akan relate dengan kehidupan di Indonesia.

Dan benar saja, beberapa adegan yang terjadi di negara nun jauh disana memiliki persamaan dengan yang terjadi di Indonesia. Seperti adegan jodoh - menjodohkan, petuah - petuah dan tentu saja pertanyaan kapan akan menikah. 

Tidak sulit mengambil hikmah dari novel ini. Seperti kalimat di belakang sampul ini : Cinta kan datang bila Tuhan sudah berkehendak.

Jika ingin tahu bagaimana kisah asmara wanita India tanpa banyak lagu dan tari, buku ini cocok dijadikan teman untuk santai sore kamu. 

Selamat membaca.

Share:

0 komentar