Review Drama Korea EXTRACURRICULAR (2020)

 





Identitas Drama

Judul : Extracurricular
Genre: Drama, Kriminal, Sekolah
Sutradara: Kim Jin Min
Produser: Yoon Shin Ae
Penulis Naskah: Jin Han Sae
Jumlah EpisIode: 10 Episode

Pemain Utama Drama Extracurricular

Kim Dong Hee berperan sebagai Oh Ji Soo

Seorang siswa teladan yang tidak pernah melakukan kesalahan baik di bidang akademik ataupun peraturan sekolah. Oh Ji Soo memiliki kepribadian yang sangat tertutup bahkan saking tertutupnya tidak ada yang menyangka apa yang sedang Oh Ji Soo lakukan dibalik layar telepon genggam mungilnya.

Park Jo Hyun berperan sebagai Bae Gyu Ri

Sosok remaja yang hampir memiliki segalanya yang diidamkan oleh rekan sebayanya. Cantik, pintar, kaya raya, populer, nyaris sempurna. Dibalik itu Gyu Ri mendapat tekanan luar biasa dari kedua orang tua sehingga membuat ia menyusun rencana balas dendam sembari bekerja sama dengan Oh Ji Soo

Jung Da Bin berperan sebagai Seo Min Hee

Berbanding terbalik dengan Gyu Ri, Seo Min Hee mengalami hidup yang keras sedari kecil. Bahkan untuk memenuhi kebutuhan eksistensi dan pengakuan dari pacarnya ia nekat menjalani pekerjaan ilegal yang membuat ia terhubung dengan Oh Ji soo dan Bae Gyu Ri.

Nam Yoon Soo sebagai Kwak Ki Tae

Kwak Ki Tae menjadi sosok siswa bengal yang ditakuti dan menjadi perisak ke teman sekelasnya. Meski begitu ia sosok yang populer dan memanfaatkan kepopulerannya untuk memanipulasi Min Hee agar menuruti semua keinginannya. 
 

Sinopsis  Drama Extracurricular

Oh Ji Soo sebenarnya hanyalah seorang remaja tidak beruntung yang memiliki cita - cita pada umumnya yaitu kuliah, bekerja dan berkeluarga secara normal. Namun karean keluarga yang berantakan dan tidak ada satupun yang mendukungnya maka ia memilih jalan yang sangat out of the box bagi seorang anak remaja yaitu penghubung antara pekerja seks komersial dengan pelanggan. Mungkin bisa disebut sebagai mucikari millenial 4.0. 
Kenapa Millenial?
Karena dalam membangun bisnisnya ia menggunakan sistem yang sangat rapih sehingga ia bisa menutupi identitasnya dari siapapun termasuk pada 'paman' yang menjadi partnernya dalam menjalankan bisnis itu.

Cinta monyet yang bikin ambyar

Namanya anak SMA yang lagi puber, ada masanya naksir dengan teman satu sekolahnya ye kan. Demikian juga Oh Ji Soo yang selalu terpesona melihat gadis populer di kelasnya yaitu...yup betul Bae Gyu Ri. Namun setelah Oh Ji Soo berkomunikasi dengan Bae Gyu Ri justru membawa pada masalah demi masalah pada bisnisnya. 
Satu sisi Bae Gyu Ri seringkali yang menjadi penyelamat saat Oh Ji Soo mengalami situasi genting. terlebih karena Bae Gyu Ri pada akhirnya menjadi partner dalam bisnis Oh Ji Soo.

Konflik dalam drama ini

Dimulai dari masalah yang menimpa Seo Min Hee selaku pekerja dalam bisnis Oh Ji Soo yang menarik perhatian salah satu polisi. Setelah peristiwa itu masalah lain mulai berdatangan. Akankah Oh Ji Soo bisa meneruskan bisnis kelamnya? atau memutuskan untuk berhenti dan menjadi siswa 'normal' ?

Kesan dan Pesan Setelah Menonton Drama Extracurricular

Dari episode pertama sudah terasa suasana kelam, dark dan sentimentil dari drama ini. Jangan berharap ada sedikit adegan kocak sebagai selingan karena tidak ada. Bukan genre favorit saya sebenarnya, tapi saya bisa anteng menonton dan menamatkan drama ini dalam waktu kurang dari 1 minggu. Alasannya antara lain tentu saja penasaran bagaimana akhir dari perjalanan bisnis Oh Ji Soo. Selain itu drama ini hanya terdiri dari 10 episode saja.

Secara rating saya memberi nilai 4 dari 5. Yang artinya drama ini menarik dan cocok dimasukkan ke pilihan tontonan drakor, tapi tidak membuat saya ingin menonton ulang kembali.  

Ada beberapa pesan dari drama ini yang bisa saya simpulkan 

Pertama, seperti tulisan yang terpampang dalam setiap akhir episodenya. Apabila kamu remaja yang berada dalam kesulitan. kamu tidak sendiri. so please speak up, reach out for help. Cari orang dewasa untuk membantumu. 

Kedua, mengutip tulisan dalam poster drama ini "SOME MISTAKE CANNOT BE ERASED". Jadi sebelum kesalahan baru muncul dan bertambah besar hingga tak terbendung lagi, please stop.

Well, begitulah opini saya terhadap drama ini. How about your opinion?  

  


Share:

0 komentar