Perkaya Materi Dan Raih Nilai Tinggi Dengan Fortune Indonesia

by - Oktober 25, 2021




Pernah tidak merasa sudah all out untuk mengerjakan sebuah tugas kuliahtapi ternyata mendapat nilai kurang dari yang diharapkan? Berharap nilai A tapi ternyata hasilnya dapat C. Hmm…kenapa bisa begitu ya?

Sebagai pengajar, sebenarnya saya selalu ingin memberi nilai yang sempurna buat peserta didik. Serius deh. Saat memeriksa nilai dan menemukan tugas yang bagus rasanya turut berbahagia dan ingin berkata “Good job, you did it!”

Sayangnya dalam proses memberi nilai tidak bisa berdasarkan mood. Ada rubrik atau pedoman penilaiannya tersendiri. Rubrik ini membantu penilaian  objektif dan konsisten dengan kriteria yang jelas.

Kriteria Penilaian Tugas

Memangnya ada kriteria apa aja sih dalam mengerjakan tugas yang baik dan benar? Inilah beberapa diantaranya menurut versi saya...

1. Memperhatikan cara penulisan 

Untuk karya ilmiah tata cara penulisan harus disesuaikan dengan pedoman atau standar ilmiah yang telah ditentukan. Beberapa kesalahan umum yang kerap terjadi diantaranya kesalahan mengeja, menuliskan huruf kapital atau cara menuliskan kata atau kalimat asing. Jadi, jangan lupa untuk teliti dalam proses editing ya. 

2.   2.  Pilih topik penulisan up to date, unik dan masih jarang dibahas

Kenapa? Karena tema yang menarik akan mendapat poin plus. Contohnya seperti ini, dibanding membahas penerapan model pembelajaran kooperatif yang sudah sering sekali digunakan dari beberapa tahun yang lalu, sebaiknya memilih membahas model pembelajaran yang lebih kekinian dan sesuai perkembangan zaman seperti blended learning atau model pembelajaran berbasis neurosains misalnya. 

3.       3. Gunakan data terbaru

Entah mengapa, tapi sering kali ditemukan dalam tugas menggunakan data yang sudah lama sekali alias sudah basi. Padahal data terbaru itu bisa ditemukan asalkan mau mencari. Data terbaru bisa diperoleh dari berbagai sumber seperti jurnal, artikel di situs terpercaya atau mendatangi langsung ke pihak terkait.

4.      4. Gunakan sumber rujukan yang valid dan kredible

Perkembangan media digital dan internet membuat kita mudah untuk mengakses informasi. Dengan banyaknya sumber yang tersedia kita harus selektif untuk memilih mana yang valid dan dapat dipertanggungjawabkan. Jangan sampai mengambil rujukan yang berisi berita palsu atau hoax.  Contoh sumber yang rekomended kamu bisa cek Majalah Fortune Indonesia.

5.      5.  Perhatikan cara menulis kutipan yang benar

Salah satu rules penting dalam mengerjakan tugas adalah jangan pernah copy paste tulisan orang lain kemudian diakui sebagai karya sendiri. Duh, sedih banget kalau masih ada yang begitu. Kalau mengutip tentu masih diperbolehkan namun dengan catatan sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Dan jangan lupa untuk menuliskan daftar pustaka.

Fortune Indonesia Sebagai Sumber Inspirasi dan Informasi

Fortune Indonesia merupakan brand media bisnis yang mengambil peran dalam perspektif global, visi yang kuat, serta berkomitmen untuk mengungkapkan informasi paling hangat, relevan dan terpecaya. Jadi beruntunglah kalian wahai  kaum millennial dan generasi Z karena bisa dengan mudah dan praktis mengakses data yang akurat untuk berbagai keperluan.

Selain hal tersebut ada 3 poin penting yang dimiliki oleh Fortune Indonesia

1.   1. Memuat beragam tema kebaruan (Currency)

Dengan cepatnya perubahan yang terjadi, maka informasi selalu berubah sepanjang waktu. Beberapa penelitian sudah diperbaharui, beberapa fakta sudah berganti, bahkan beberapa klaim sudah terbantahkan. Untuk itulah penting sebuah situs menunjukkan kapan dengan jelas tanggal publikasinya agar kita dapat memeriksa kapan berita tersebut dipublish dan apakah ada perkembangan berita yang lebih sesuai dengan kondisi terkini.

2.    2. Memuat berita dengan akurasi yang tajam

Akurasi dari segi penulisan dan dari segi konten merupakan hal penting bagi sebuah artikel. Dari segi konten bisa terlihat bagaimana artikel di Fortune Indonesia mencantumkan referensi untuk informasi yang dituliskannnya.

3.     3. Relevansi

Fortune Indonesoa memuat beragam berita yang disesuaikan kebutuhan dan bisa menjawab pertanyaan pencari informasi. 

Review Fortune Indonesia

a.    Tampilan

Berikut merupakan tangkapan layar situs Fortune Indonesia






Sebagai pembaca, tampilan sebuah website jadi faktor penting untuk menentukan apakah saya akan betah berlama – lama membaca atau akan langsung berganti laman.  Untuk tampilan dari Fortune Indonesia menurut ada plus dan minusnya.

- Warna putih yang membuat kesan clean dan minimalis

- User Interface dan menu yang ditata dengan baik sehingga user tidak bingung untuk mencari info yang dicari

 - Jenis dan ukuran font yang menurut saya pas dan tidak membuat mata cepat lelah

- Posisi iklan di situs ini terletak di bagian kanan kini atas bawah, sehingga memberikan kesan  cukup penuh untuk  space iklan. Untuk tampilan home posisi iklan seperti itu memang wajar sekali. Namun saat klik artikel secara utuh diharapkan ada sedikit perpedaan layout dimana iklan agak diminimalisir ukurannya sehingga bisa membaca tulisan dengan lebih nyaman. 

ISI

Ada 7 kategori artikel dalam website ini, yaitu Market, Business, Finance, News, Tech, Sharia, dan Luxury. Penjelasan singkat setiap katergori sebagai berikut :

a.    Market

Memuat berita pergerakan dan prediksi indeks harga saham gabungan (IHSG)

b.    Business

Memuat Berita perkembangan bisnis, perusahaan, inovasi dan profil tokoh

c.    Finance

Berita ekonomi, kebijakan BI, pajak, perbankan dan Asuransi

d.    News

Berita politik, kesehatan, industri, energi dan internasional

e.    Tech

Berita gadget, software, AI, aplikasi dan teknologi terbaru

f.     Sharia

Berita ekonomi, investasi, asuransi, investasi dan perbankan syariah

g.    Luxury

Berita barang mewah, gadget, travel, hotel dan kuliner (My Favorit!)


Dengan  berita dari 7 kategori tersebut, siswa / mahasiswa bisa menggali inspirasi dan memperoleh informasi untuk tugas atau keperluan lainnya. Yuk semangat membuat tugas pembelajaran jangan lupa untuk memperkaya materi tugasmu dan semoga mendapat nilai dengan yang diharapkan. 




You May Also Like

12 komentar

  1. AKu paling suka kategori artikel yang sharia Kak, karena banyak dapat insight baru seputar pengelolaan keuangan secara syariah

    BalasHapus
  2. Untuk urusan berita bisnis hingga keuangan memang Fortune Indonesia ini patut jadi acuan. Fortune memahami bahwa generasi kekinian butuh informasi terkait hal-hal itu dengan detil.

    BalasHapus
  3. Fortune Indonesia memang pas banget sebagai rujukan dalam mengupgrade i formasi. Pilihan menu dan kategorinya juga pas dijadikan sumber referensi.

    BalasHapus
  4. Fortune Indonesia emang rujukan website yang recommend bgt sih ya kak. Bernas, ringkas, padat, kredibel

    BalasHapus
  5. Aku pun kalau nulis blog atau naskah juga pilih referensi tepercaya seperti Fortune Indonesia. Soalnya tidak semua bidang kita kuasai, makanya butuh referensi. Biar orang yang baca juga percaya dengan apa yang kita tulis.

    BalasHapus
  6. Apakah kemungkinan mahasiswa atau siswa yang masih pakai datya lama itu karena ikut-ikutan saja ya sama temannya, Mbak? Padahal kalau serius mencari, sebenarnya bisa dapat data baru ya apalagi kalau sudah kenal Fortune ya pakai Fortune, bisa banget.

    BalasHapus
  7. naah biasanya tugas itu banyak samanya ya Mbak, pasti dosennya/guru pusing saat memeriksa padahal udah diajarkan kaidah penulisan ilmiah ya.
    Benar nih Fortune Indonesia saat ini bisa dijadikan sumber terpercaya dan teraktual, ragam beritanya juga lengkap ya.

    BalasHapus
  8. Setuju banget, Mbak, Fortune Indonesia itu sumber inspirasi dan informasi. Aku juga mendapat banyak manfaat dengan membaca kategori News, Sharia dan Luxury. Aku suka banget dengan cara penyajian tulisannya, renyah banget plus tampilannya juga nggak bikin lelah berlama-lama.

    BalasHapus
  9. Jaman now butuh informasi apapun tinggal klik klik aja. Tapi memang harus pinter cari yang valid. Jangan asal percaya nggak taunya ngawur.

    BalasHapus
  10. Duh jadi kangen masa-masa kuliah, udah lupa rasanya hehehe.
    Tapi jaman sekarang kuliah juga mudah ya untuk mencari informasi apalagi ada dunia online, kalau dulu harus cari buku. Untuk penilaian tugas pun kita bisa cari tau ya di dunia maya. Sebagai referensi bisa melalui majalah fortune Indonesia

    BalasHapus
  11. Seneng bangett fortune bisa hadir di Indonesia jadi wadah edukasi sekaligus informasi tentang ekonomi dan bisnis. Jadii kita2 lebihh melek soal literasi ekonomi ya kak.

    BalasHapus